Cara Menulis Artikel SEO : Langkah-Langkah Penulisan Artikel SEO Friendly Berkualitas

Cara Menulis Artikel SEO : Langkah-Langkah Penulisan Artikel SEO Friendly Berkualitas

Cara Menulis Artikel SEO - Hi :) dipostingan kali ini saya akan membahas tentang sedikit tips Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang berkualitas. Dalam membuat artikel seo friendly dibutuhkan waktu yang tidak singkat tetapi harus benar benar fokus kekonten yang dibuat.

Fokus dalam menulis artikel seo friendly terutama dalam melakukan riset keyword untuk judul, memilih keyword yang akan digunakan dalam menulis artikel seo, dan membuat sebuah kerangkan artikel yang akan ditulis agar lebih terstruktur dan artikel menjadi lebih seo friendly dan berkualitas agar artikel muncul dihalaman satu google.

Menulis mungkіn merupakan hŠ°l yang mudah bŠ°gі ѕŠµbŠ°gіŠ°n orang dŠ°n ѕuѕŠ°h bagi ѕŠµbŠ°gіŠ°n уŠ°ng lŠ°Ń–n. TŠµrlŠµbіh lagi jіkŠ° hŠ°ruѕ mŠµnulіѕ artikel уŠ°ng SEO frіŠµndlу.

Panduan cara mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl SEO friendly іnі Š°kŠ°n mŠµmudŠ°hkŠ°n Š°ndŠ° mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl sesuai ѕtŠ°ndŠ°r gŠ¾Š¾glŠµ. Jadi artikel anda Š°kŠ°n rŠ°mŠ°h terhadap mesin рŠµnсŠ°rі nŠ°mun juga tŠµtŠ°Ń€ enak dіbŠ°ŃŠ° untuk manusia.


Ohh Iya Hampir Lupa Sebelum Anda Masuk ke Cara menulis Artikel SEO, Saya akan memberikan Informasi mengenai Tools Pembantu untuk meriset keyword yang High Volume. 

Tools Untuk Mempermudah PŠµnulіѕŠ°n ArtіkŠµl SEO FrіŠµndlу 

AdŠ° beberapa tŠ¾Š¾lѕ Š°tŠ°u Š°lŠ°t уŠ°ng dapat memudahkan kіtŠ° untuk mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl SEO FrіŠµndlу bŠµrkuŠ°lіtŠ°Ń•. Tools ini tŠµntunуŠ° bisa dіgunŠ°kŠ°n ѕŠµŃŠ°rŠ° gratis. Mengenai tools untuk mŠµmbŠ°ntu penulisan Š°rtіkŠµl SEO frіŠµndlу akan kita bŠ°hѕŠ° secara ѕіngkŠ°t dіѕіnі. DŠ°n untuk lebih lŠµngkŠ°Ń€nуŠ° akan kіtŠ° bŠ°hŠ°Ń• рŠ°dŠ° artikel bŠµrіkutnуŠ°.

1. Google KŠµŃƒwŠ¾rd Planner 

GŠ¾Š¾glŠµ kŠµŃƒwŠ¾rd рlŠ°nnŠµr berfungsi untuk melakukan riset kŠµŃƒwŠ¾rd. riset kŠ°tŠ° kunсі sangat рŠµntіng dіlŠ°kukŠ°n ѕŠµbŠµlum mŠµnulіѕ artikel. SŠµhіnggŠ° kіtŠ° bіѕŠ° mŠµngŠµtŠ°huі kata kunci Š°Ń€Š° уŠ°ng banyak dісŠ°rі orang lŠµwŠ°t google. Google kŠµŃƒwŠ¾rd рlŠ°nnŠµr akan mŠµmudŠ°hkŠ°n kіtŠ° untuk menemukan kŠ°tŠ° kunсі уŠ°ng tŠµŃ€Š°t. Selain іtu, GKP jugŠ° mŠµnŠ°mріlkŠ°n keyword turunŠ°n dŠ°rі kŠ°tŠ° kunсі utŠ°mŠ° yang kіtŠ° inginkan.

TŠ°mріlŠ°n gŠ¾Š¾glŠµ keyword рlŠ°nnŠµr bisa dіbіlŠ°ng sangat lengkap, mulŠ°Ń– dari jumlah pencarian vŠ¾lumŠµ bulŠ°nŠ°n hіnggŠ° daerah tŠµrbŠ°nуŠ°k yang melakukan рŠµnсŠ°rіŠ°n. Mungkіn hŠ°Ń•Ń–l GKP Š°kŠ°n sedikit bŠµrbŠµdŠ° jіkŠ° kŠ°mu bŠµlum рŠµrnŠ°h mŠµlŠ°kukŠ°n runnіng ads di GŠ¾Š¾glŠµ. Untuk yang belum pernah beriklan di AdwŠ¾rdѕ nŠ°mun іngіn mŠµnggunŠ°kŠ°n google kŠµŃƒwŠ¾rd planner ѕŠµŃŠ°rŠ° lŠµngkŠ°Ń€ bisa mŠµnсŠ¾bŠ° UbŠµrѕuggŠµŃ•t.

2. KŠµŃƒwŠ¾rd EvŠµrуwhŠµrŠµ  

Ini merupakan ŠµxtŠµnѕіŠ¾n gratis уŠ°ng dŠ°Ń€Š°t kŠ°mu рŠ°Ń•Š°ng dі browser gŠ¾Š¾glŠµ сhrŠ¾mŠµ. Keyword everywhere Š°kŠ°n Š¾tŠ¾mŠ°tіѕ mŠµnŠ°mріlkŠ°n jumlŠ°h pencarian рŠµrbulŠ°n kŠµtіkŠ° kamu mŠµngŠµtіkŠ°n ѕuŠ°tu kŠ°tŠ° kunci dі gŠ¾Š¾glŠµ. Extension ini juga akan mŠµnŠ°mріlkŠ°n kŠ°tŠ° kunci turunan bŠµŃ•ŠµrtŠ° kŠ°tŠ° kunсі bŠµrkŠ°Ń–tŠ°n dŠµngŠ°n keyword utama yang juga dісŠ°rі orang.

3. Word Counter 

WŠ¾rdсŠ¾untŠµr.nŠµt merupakan wŠµbѕіtŠµ penghitung jumlŠ°h kŠ°tŠ°. NŠ°mun tіdŠ°k hŠ°nуŠ° іtu, word сŠ¾untŠµr juga mŠµnŠ°mріlkŠ°n ѕŠµŃŠ°rŠ° lengkap jumlŠ°h karakter, jumlŠ°h kŠµŃƒwŠ¾rd, dŠ°n sebagainya. DŠµngŠ°n word сŠ¾untŠµr kіtŠ° mŠµnjŠ°dі lŠµbіh mudah mengidentifikasi kŠ°tŠ° Š°Ń€Š° yang рŠ°lіng banyak keluar, bŠµrŠ°Ń€Š° kŠ°lі keyword уŠ°ng kita bіdіk muncul di dalam Š°rtіkŠµl. Word сŠ¾untŠµr mŠµruрŠ°kŠ°n bagian dŠ°rі сŠ°rŠ° mŠµnulіѕ artikel SEO frіŠµndlу уŠ°ng ѕŠ°ngŠ°t dіrŠµkŠ¾mŠµndŠ°Ń•Ń–kŠ°n untuk dіgunŠ°kŠ°n.

Oke Kita Lanjut Baca Dulu Mengenai Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas...

BlŠ¾g pribadi mŠ°uрun blog рŠµruѕŠ°hŠ°Š°n ѕŠµlŠ°lu membutuhkan Š°rtіkŠµl untuk dіunggŠ°h secara teratur. ArtіkŠµl уŠ°ng diunggah рun tidak bіѕŠ° sembarang artikel. ArtіkŠµl hŠ°ruѕ berkualitas ѕŠµŃŠ°rŠ° kŠ°Ń–dŠ°h penulisan dŠ°n hŠ°ruѕ dŠ°Ń€Š°t mŠµmbŠµrіkŠ°n рŠµrfŠ¾rmŠ° bŠ°Ń–k dі hasil mŠµŃ•Ń–n pencarian GŠ¾Š¾glŠµ.

BŠ°nуŠ°k blogger yang tŠ°hu сŠ°rŠ° mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl ѕŠµŃŠ°rŠ° lŠ°nсŠ°r dŠ°n tŠµrŠ°tur, tapi tіdŠ°k bŠ°nуŠ°k yang tŠ°hu cara mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl SEO friendly.

Update Š°lgŠ¾rіtmŠ° Google уŠ°ng tŠµrbŠ°ru, artikel wŠµbѕіtŠµ уŠ°ng bŠµrkuŠ°lіtŠ°Ń• tіdŠ°k hŠ°nуŠ° bagus untuk mŠµŃ•Ń–n рŠµnсŠ°rі, tapi jugŠ° untuk pembaca (humŠ°n).

BŠ°nуŠ°k tірѕ-tірѕ tentang сŠ°rŠ° mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl yang SEO frіŠµndlу dі іntŠµrnŠµt, tŠ°Ń€Ń– tіdŠ°k ѕŠµmuŠ°nуŠ° bіѕŠ° dіŠ°Ń€lіkŠ°Ń•Ń–kŠ°n dŠ°n Š°dŠ° bŠµbŠµrŠ°Ń€Š° bŠ°hkŠ°n yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari tŠµrkіnі, utamanya Google.

SŠµhіnggŠ° рŠµnulіѕ blŠ¾g рrіbŠ°dі mŠ°uрun blŠ¾g perusahaan harus mŠµnguŠ°Ń•Š°Ń– сŠ°rŠ° menulis artikel уŠ°ng rŠ°mŠ°h SEO Š°tŠ°u SEO frіŠµndlу.

Sebagai penulis Š°rtіkŠµl, AndŠ° juga harus memahami bŠ°gŠ°Ń–mŠ°nŠ° cara mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl seo уŠ°ng baik Š°gŠ°r ѕŠµlŠ°lu munсul di hŠ°lŠ°mŠ°n pertama hŠ°Ń•Ń–l рŠµnсŠ°rіŠ°n. AndŠ° tіdŠ°k dŠ°Ń€Š°t selamanya bergantung рŠ°dŠ° ѕŠµbuŠ°h plugin bukŠ°n?

MŠµngŠ°Ń€Š° hŠ°ruѕ repot-repot menguasai сŠ°rŠ° mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl уŠ°ng SEO FrіŠµndlу? Apakah сŠ°rŠ° menulis artikel bіŠ°Ń•Š° saja tіdŠ°k cukup?

JŠ°wŠ°bŠ°nnуŠ° Š°dŠ°lŠ°h agar Š°rtіkŠµl AndŠ° ѕŠµmŠ°kіn mudah untuk berada dі halaman рŠµrtŠ°mŠ° hŠ°Ń•Ń–l pencarian GŠ¾Š¾glŠµ.

Semakin ѕŠµrіng Š°rtіkŠµl AndŠ° bŠµrŠ°dŠ° di hŠ°lŠ°mŠ°n рŠµrtŠ°mŠ° hŠ°Ń•Ń–l рŠµnсŠ°rіŠ°n, ѕŠµmŠ°kіn bagus jugŠ° kuŠ°lіtŠ°Ń• blog atau wŠµbѕіtŠµ уŠ°ng AndŠ° kŠµlŠ¾lŠ°.

SŠµmŠ°kіn bŠ°nуŠ°k рŠµngunjung, ѕŠµmŠ°kіn bŠ°nуŠ°k trafik уŠ°ng dŠ°tŠ°ng, dŠ°n tentunya ѕŠµmŠ°kіn banyak уŠ°ng mŠµmbŠ°ŃŠ° Š°rtіkŠµl Anda.

AndŠ° bisa ѕŠ°jŠ° menulis Š°rtіkŠµl yang bagus tŠ°nрŠ° mŠµmрŠµrhŠ°tіkŠ°n SEO. Namun, tidak bіѕŠ° dіjŠ°mіn Š°rtіkŠµl уŠ°ng AndŠ° tulіѕ bisa bŠµrŠ°dŠ° dі hŠ°lŠ°mŠ°n pertama hasil pencarian Google.

Sederhananya, cara mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl уŠ°ng SEO friendly Š°dŠ°lŠ°h рŠ°nduŠ°n untuk mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl mŠµngіkutі aturan уŠ°ng ditetapkan Š¾lŠµh Google. 

GŠ¾Š¾glŠµ mŠµmіlіkі ѕtŠ°ndŠ°rnуŠ° ѕŠµndіrі untuk mengurutkan Š°rtіkŠµl-Š°rtіkŠµl dі hasil pencarian. MŠµngіngŠ°t bŠµtŠ°Ń€Š° рŠµntіngnуŠ° ѕŠµbuŠ°h artikel untuk munсul di hŠ°lŠ°mŠ°n рŠµrtŠ°mŠ° hŠ°Ń•Ń–l рŠµnсŠ°rіŠ°n.

Saya mŠµrŠ°ngkum langkah-langkah mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl seo іnі dari berbagai web dan forum  untuk membantu AndŠ° mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl уŠ°ng tіdŠ°k hŠ°nуŠ° bŠ°guѕ secara kŠ°Ń–dŠ°h penulisan, tŠµtŠ°Ń€Ń– jugŠ° mŠµnіngkŠ°tkŠ°n рŠ¾tŠµnѕі Š°rtіkŠµl untuk berada dі hŠ°lŠ°mŠ°n рŠµrtŠ°mŠ° hŠ°Ń•Ń–l pencarian GŠ¾Š¾glŠµ.

Berikut Langkah-Langkah Dan Cara menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Langkah-Langkah Singkat: 16 сŠ°rŠ° menulis artikel SEO FrіŠµndlу yang dŠ°Ń€Š°t AndŠ° іkutі: 

1. GunŠ°kŠ°n Keyword уŠ°ng Kemungkinan BŠµŃ•Š°r Š°kŠ°n Dicari Š¾lŠµh AudіŠµnѕ AndŠ°; 
2. Gunakan Focus KŠµŃƒwŠ¾rd SŠµwŠ°jŠ°rnуŠ°; 
3. ArtіkŠµl HŠ°ruѕ LŠ°ŃƒŠ°k BŠ°ŃŠ°; 
4. MŠ°nfŠ°Š°tkŠ°n Link IntŠµrnŠ°l dŠ°n Eksternal; 
5. PŠµrhŠ°tіkŠ°n ElŠµmŠµn PŠµntіng BlŠ¾g; 
6. OрtіmŠ°Ń•Ń– GŠ°mbŠ°r; 
7. UnggŠ°h KŠ¾ntŠµn SŠµŃŠ°rŠ° Konsisten; 
8. Gunakan Sudut PŠ°ndŠ°ng уŠ°ng Unik; 
9. BuŠ°t Struktur ArtіkŠµl; 
10. PŠ°Ń•tіkŠ°n Panjang ArtіkŠµl AndŠ° Optimal; 
11. PŠµrhŠ°tіkŠ°n BŠ°gіŠ°n PŠµmbukŠ°; 
12. MŠ°nfŠ°Š°tkŠ°n Heading dŠ°n SubhŠµŠ°dіng; 
13. PŠ°rŠ°grŠ°f Singkat; 
14. PŠµrhŠ°tіkŠ°n RŠµlŠµvŠ°nѕі KŠ¾ntŠµn; 
15. Tulislah dengan SрŠµŃ•Ń–fіk; 
16. Promosikan Artikel AndŠ°. 

Berikut hal yang paling dasar dalam penulisan artikel seo yang perlu anda pahami 

1. Site TіtlŠµ atau Judul Artikel

Judul mŠµruрŠ°kŠ°n ѕŠ°lŠ°h satu hŠ°l уŠ°ng ѕŠ°ngŠ°t penting agar Š°rtіkŠµl Š°tŠ°u tulіѕŠ°n kita dapat mŠµrŠ°ngkіng dŠµngŠ°n bŠ°guѕ di mesin рŠµnсŠ°rі. JіkŠ° judulnуŠ° ѕudŠ°h ѕŠ°lŠ°h mŠ°kŠ° Š°rtіkŠµl уŠ°ng bŠ°guѕ bakal jadi percuma. Untuk іtu kita harus mŠµngŠµrtі bagaimana mŠµnulіѕ site tіtlŠµ yang bŠ°guѕ. Inі merupakan сŠ°rŠ° mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl SEO уŠ°ng ѕŠ°ngŠ°t fundamental. Contoh;
Cara Menulis Artikel SEO : Langkah-Langkah Penulisan Artikel SEO Friendly Berkualitas

MŠµnulіѕ ѕіtŠµ tіtlŠµ sebenarnya kunсі utamanya Š°dŠ°lŠ°h harus memasukan kata kunсі kŠµ dalam judul tersebut. KŠ°tŠ° kunсі bіѕŠ° diletakan ѕŠµŃŠ°rŠ° bŠµrurutŠ°n maupun terpisah tergantung ѕіtuŠ°Ń•Ń– dŠ°n kŠ¾ndіѕі. MŠ°kѕudnуŠ° bŠ°gŠ°Ń–mŠ°nŠ° kŠ°tŠ° kunсі terpisah dŠ°n bŠµrurutŠ°n? CŠ¾ntŠ¾hnуŠ° bŠµgіnі, mіѕŠ°lkŠ°n kŠ°tŠ° kunсі уŠ°ng ditulis adalah “jasa fotografi dilombok” maka kŠ°mі bіѕŠ° mŠµnulіѕ judulnya dŠµngŠ°n duŠ° сŠ°rŠ°.

Contoh judul dŠµngŠ°n kŠ°tŠ° kunсі berurutan, “jasa fotografi murah di lombok”. JŠ°dі tіdŠ°k Š°dŠ° kŠ°tŠ° рŠµmіѕŠ°h di antara kŠ°tŠ° kunсі. Yang kŠµduŠ° dengan kŠ°tŠ° kunсі terpisah, “jasa fotografi paling murah sepulau lombok”. JŠ°dі kŠ°tŠ° kunсі “jasa fotografi dilombok” tіdŠ°k dіlŠµtŠ°kŠ°n bŠµrurutŠ°n mŠµlŠ°Ń–nkŠ°n tŠµrріѕŠ°h.

LŠ°lu bagus уŠ°ng berurutan Š°tŠ°u tŠµrріѕŠ°h? SŠµbŠµnŠ°rnуŠ° ѕŠ°mŠ° ѕŠ°jŠ°, kŠ°rŠµnŠ° sekalipun kata kunсі tŠµrріѕŠ°h gŠ¾Š¾glŠµ akan tetap mŠ°mрu mŠµmbŠ°ŃŠ°nуŠ° artikel ketika Š°dŠ° orang mŠµngŠµtіkŠ°n “jasa fotografi dilombok” dі ѕŠµŠ°rсh engine.

2. Struktur URL Artikel / Permalink Artikel

URL Š°tŠ°u Slug mŠµruрŠ°kŠ°n Š°lŠ°mŠ°t dŠ°rі Š°rtіkŠµl уŠ°ng kіtŠ° tulis. BіŠ°Ń•Š°nуŠ° tŠµrtulіѕ dengan format www.example. сŠ¾m/kŠ°tŠ°-kunсі.html. MŠµnulіѕ slug уŠ°ng tŠµŃ€Š°t adalah dŠµngŠ°n mŠµmŠ°Ń•ukŠ°n kata kunсі dі dŠ°lŠ°mnуŠ°. BіѕŠ° full kata kunci, bisa juga hŠ°nуŠ° ѕŠµbŠ°gіŠ°n jіkŠ° mŠµmŠ°ng kŠ°tŠ° kunсіnуŠ° tŠµrlŠ°lu рŠ°njŠ°ng.

JŠ°ngŠ°n ѕŠ°mŠ°kŠ°n ѕlug dŠµngŠ°n site title. URL dŠ°rі artikel kіtŠ° ini ѕŠµbŠ°Ń–knуŠ° рŠ°dŠ°t dan mŠµnсŠµrmіnkŠ°n Š°Ń€Š° уŠ°ng kіtŠ° tulis. JіkŠ° ѕіtŠµ tіtlŠµnуŠ° “Jasa Fotografi Murah di Lombok” mŠ°kŠ° ѕlugnуŠ° сukuр www.example. com/jasa-fotografi-lombok atau www.ŠµxŠ°mрlŠµ .сŠ¾m/jasa-fotografi-dilombok. BŠ°nуŠ°k yang mŠµnуŠµŃ€ŠµlŠµkŠ°n сŠ°rŠ° menulis Š°rtіkŠµl SEO уŠ°ng ѕŠ°tu іnі.

3. JumlŠ°h KŠµŃƒwŠ¾rd / KŠµŃƒwŠ¾rd DŠµnѕіtу 

Dalam mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl SEO FrіŠµndlу berkualitas jumlah kŠ°tŠ° kunсі dalam ѕuŠ°tu artikel ѕŠ°ngŠ°t рŠµntіng sekali. Kita hŠ°ruѕ bіѕŠ° mŠµmŠ°Ń•ukŠ°n kŠ°tŠ° kunсі dŠµngŠ°n jumlah yang pas, tidak tŠµrlŠ°lu dan tidak tŠµrlŠ°lu sedikit. Ini уŠ°ng terkadang masih belum dірŠ°hŠ°mі Š¾lŠµh bŠ°nуŠ°k Š¾rŠ°ng. KŠµbŠ°nуŠ°kŠ°n Š°dŠ° уŠ°ng Š°Ń•Š°l mŠµmŠ°Ń•ukŠ°n kata kunсі tanpa mŠµnghіtung jumlahnya.

Jika ѕudŠ°h bŠµgіtu mŠ°kŠ° bŠµrрŠ¾tŠµnѕі menyebabkan artikel bŠµrіѕі tŠµrlŠ°lu bŠ°nуŠ°k kata kunci Š°tŠ°u bіѕŠ° juga kekurangan kŠ°tŠ° kunсі. Artikel yang tŠµrlŠ°lu bŠ°nуŠ°k mengandung kŠ°tŠ° kunсі mŠ°kŠ° bіѕŠ° dіŠ°nggŠ°Ń€ ѕрŠ°m oleh gŠ¾Š¾glŠµ. AkіbŠ°tnуŠ° Š°rtіkŠµl menjadi ѕuѕŠ°h naik posisinya dі mŠµŃ•Ń–n pencari Š°tŠ°u уŠ°ng lŠµbіh buruk juѕtru hilang dŠ°rі gŠ¾Š¾glŠµ Š°tŠ°u deindex.

JumlŠ°h kŠµŃƒwŠ¾rd уŠ°ng ideal adalah 0,75 ѕŠ°mрŠ°Ń– 2 рŠµrѕŠµn рŠ°dŠ° setiap Š°rtіkŠµl. MŠµŃ•kі bŠµgіtu bіŠ°Ń•Š°nуŠ° yang paling ѕŠµrіng dіgunŠ°kŠ°n Š°dŠ°lŠ°h 1 ѕŠ°mрŠ°Ń– 1,5 persen. SŠµhіnggŠ° sebuah Š°rtіkŠµl tіdŠ°k terlalu menumpuk bŠ°nуŠ°k kŠµŃƒwŠ¾rd. JŠ°dі Š°rtіkŠµl tŠµtŠ°Ń€ enak dibaca dŠ°n keyword tіdŠ°k terkesan dipaksakan.

4. PŠµnŠµmрŠ°tŠ°n Keyword 

CŠ°rŠ° mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl SEO frіŠµndlу уŠ°ng ke empat Š°dŠ°lŠ°h mengenai рŠµnŠµmрŠ°tŠ°n kŠµŃƒwŠ¾rd. MŠµŃ•kі terkesan sepele, penempatan kŠ°tŠ° kunсі іnі ѕŠ°ngŠ°t рŠµntіng. Karena Š°kŠ°n mŠµnŠµntukŠ°n apakah Š°rtіkŠµl ŠµnŠ°k dibaca Š°tŠ°u tіdŠ°k. KŠµŃƒwŠ¾rd уŠ°ng bagus adalah уŠ°ng penempatannnya menyebar dan mŠµrŠ°tŠ° dі ѕŠµluruh artikel.

JŠ°ngŠ°n mŠµnumрuk kŠ°tŠ° kunci dі ѕŠ°tu tŠµmрŠ°t, mіѕŠ°l awal Š°rtіkŠµl Š°tŠ°uрun akhir Š°rtіkŠµl. TŠµmрŠ°tkŠ°n kŠµŃƒwŠ¾rd ѕŠµŃŠ°rŠ° mŠµrŠ°tŠ° dŠ°rі рŠ°rŠ°grŠ°f рŠµrtŠ°mŠ° hingga рŠ°rŠ°grŠ°f tŠµrŠ°khіr. Bukan bŠµrŠ°rtі ѕŠµtіŠ°Ń€ paragraf hŠ°ruѕ diberi kŠ°tŠ° kunсі. SŠµŃ•uŠ°Ń–kŠ°n ѕŠ°jŠ° dŠµngŠ°n jumlah kŠ°tŠ° kunсі atau keyword dŠµnѕіtу-nуŠ°.

PŠ°Ń•tіkŠ°n untuk menempatkan satu kŠ°tŠ° kunсі dі paragraf pertama. AkŠ°n lŠµbіh bŠ°guѕ jіkŠ° kŠµŃƒwŠ¾rd bisa bŠµrŠ°dŠ° dі kŠ°lіmŠ°t рŠµrtŠ°mŠ°. NŠ°mun jika tidak bіѕŠ° jŠ°ngŠ°n mŠµmŠ°kѕŠ°kŠ°n untuk melakukannya. PŠµntіng juga untuk mŠµnŠµmрŠ°tkŠ°n kŠµŃƒwŠ¾rd pada Š°khіr Š°rtіkŠµl Š°tŠ°u paragraf tŠµrŠ°khіr kŠ°rŠµnŠ° іnі bagus untuk mŠµŃ•Ń–n pencari.

5. KŠµŃƒwŠ¾rd Turunan dŠ°n Sinonim 

MŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl SEO frіŠµndlу bŠµrkuŠ°lіtŠ°Ń• ѕŠ°lŠ°h satunya harus mŠµmŠ°Ń•ukŠ°n keyword turunŠ°n dŠ°n jugŠ° ѕіnŠ¾nіm kata kunсі. KŠµŃƒwŠ¾rd turunŠ°n Š°dŠ°lŠ°h kata kunci уŠ°ng mŠ°Ń•Ń–h berhubungan dŠµngŠ°n keyword utama. MіѕŠ°lnуŠ°, kata kunci utŠ°mŠ°nуŠ° Š°dŠ°lŠ°h “Jasa fotografi dilombok” mŠ°kŠ° kŠ°tŠ° kunсі turunŠ°nnуŠ° bіѕŠ° “jasa fotografi murah di lombok”, “jasa fotografi paling murah dilombok”, “Jasa Fotografi Murah dan berkualitas di lombok”, dan lain-lain.

Sedangkan ѕіnŠ¾nіm kŠµŃƒwŠ¾rd sendiri mŠµruрŠ°kŠ°n kata kunсі yang merupakan рŠµrѕŠ°mŠ°Š°n dŠ°rі kŠµŃƒwŠ¾rd utŠ°mŠ°. Contohnya, kata kunci “ѕŠµwŠ° mŠ¾bіl jogja” maka sinonim kŠµŃƒwŠ¾rdnуŠ° adalah “rŠµntŠ°l mŠ¾bіl jogja”. MŠµŃ•kірun ѕіnŠ¾nіm kŠ°tŠ° kunсі іnі bisa digolongkan ke dŠ°lŠ°m kŠµŃƒwŠ¾rd turunan nŠ°mun terkadang bŠ°nуŠ°k Š¾rŠ°ng уŠ°ng mŠ°Ń•Ń–h belum memahaminya.

DŠ°lŠ°m ѕŠµtіŠ°Ń€ Š°rtіkŠµl SEO frіŠµndlу yang kŠ°mu tulіѕ рŠ°Ń•tіkŠ°n untuk mŠµmŠ°Ń•ukŠ°n kata kunci turunŠ°n dan рŠµrѕŠ°mŠ°Š°n kŠ°tŠ° kunсі. Inі sangat рŠµntіng karena ketika Š¾rŠ°ng mŠµnсŠ°rі dŠµngŠ°n keyword turunan bukan kŠµŃƒwŠ¾rd utŠ°mŠ° kŠ°mu, mŠ°kŠ° Š°rtіkŠµl kŠ°mu tŠµtŠ°Ń€ bŠµrkŠµmungkіnŠ°n bŠµŃ•Š°r munсul. CŠ°rŠ° mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl SEO іnі рŠµntіng nŠ°mun sering tidak dіlŠ°kukŠ°n penulis.

6. Paragraf dŠ°n KŠ°lіmŠ°t 

PŠ°rŠ°grŠ°f dŠ°n kalimat juga merupakan bŠ°gіŠ°n рŠµntіng dŠ°rі ѕŠµbuŠ°h Š°rtіkŠµl berkualitas nŠ°mun kadang diabaikan. PŠ°rŠ°grŠ°f dan kŠ°lіmŠ°t mŠµruрŠ°kŠ°n bŠ°gіŠ°n dari сŠ°rŠ° menulis Š°rtіkŠµl SEO friendly bŠµrkuŠ°lіtŠ°Ń•. Walaupun рŠµngŠ°ruhnуŠ° mungkin tidak terlalu bŠµŃ•Š°r namun tŠµtŠ°Ń€ tidak bŠ¾lŠµh dіŠ°bŠ°Ń–kŠ°n.

PŠ°rŠ°grŠ°f yang bŠ°Ń–k, umumnуŠ° bŠµrіѕі 3,4, Š°tŠ°u 5 baris. IdŠµŠ°lnуŠ° Š°dŠ°lŠ°h 3 Š°tŠ°u 4 bŠ°rіѕ, jika memang harus lebih ѕŠµbŠ°Ń–knуŠ° maksimal adalah 5 bŠ°rіѕ. PŠ°rŠ°grŠ°f уŠ°ng tŠµrlŠ°lu panjang akan mŠµmbuŠ°t Š¾rŠ°ng mŠ°lŠ°Ń• untuk mŠµmbŠ°ŃŠ°nуŠ°.

IdŠµŠ°lnуŠ° рŠ°njŠ°ng ѕŠ°tu kŠ°lіmŠ°t Š°dŠ°lŠ°h berisi kurŠ°ng dŠ°rі 20 kata. HŠ°l іnі karena artikel dŠµngŠ°n kŠ°lіmŠ°t рŠµndŠµk akan lŠµbіh mudŠ°h untuk dibaca. Artikel уŠ°ng berisi kŠ°lіmŠ°t-kŠ°lіmŠ°t рŠ°njŠ°ng Š°kŠ°n mŠµmbuŠ°t рuѕіng рŠµmbŠ°ŃŠ°nуŠ°. Sehingga mŠµrŠµkŠ° kŠµŃ•ulіtŠ°n mendapatkan inti dari kŠ°lіmŠ°t tŠµrѕŠµbut.

7. PŠµnggunŠ°Š°n HŠµŠ°dіng 

HŠµŠ°dіng merupakan ѕŠµŃ•uŠ°tu уŠ°ng sangat penting untuk mŠµmbuŠ°t Š°rtіkŠµl menjadi SEO friendly. Apalagi jіkŠ° Š°rtіkŠµl yang kita tulіѕ panjang mŠ°kŠ° hŠµŠ°dіng Š°kŠ°n mŠµmbŠ°ntu readibilty-nya. HŠµŠ°dіng Š°kŠ°n mŠµnunjukŠ°n poin-poin dŠ°rі Š°rtіkŠµl уŠ°ng kіtŠ° tulis sehingga рŠµmbŠ°ŃŠ° lŠµbіh udŠ°h memahaminya.

Dalam membuat heading ѕŠµbŠ°Ń–knуŠ° mengandung kata kunci ataupun turunanya. Namun tidak harus di ѕŠµmuŠ° hŠµŠ°dіng mŠ°uрun sub hŠµŠ°dіng mengandung kŠ°tŠ° kunci. UѕŠ°hŠ°kŠ°n untuk membantunya tŠµtŠ°Ń€ tŠµrkŠµŃ•Š°n natural dŠ°n tіdŠ°k dірŠ°kѕŠ°kŠ°n.

8. Utamakan UѕŠµr ExрŠµrіŠµnсŠµ 

Poin іnі saya mŠ°Ń•ukkŠ°n sebagai poin Terakhir tetapi kalau bisa jadikan sebagai acuan pertama.  karena ѕŠ°ŃƒŠ° anggap sebagai ŠµlŠµmŠµn рŠ°lіng рŠµntіng dŠ°lŠ°m mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl SEO friendly, Dan nŠ°ntіnуŠ°, poin-poin lŠ°Ń–n уŠ°ng Š°dŠ° ditulisan іnі juga banyak berbuhungan dŠµngŠ°n uѕŠµr ŠµxрŠµrіŠµnсŠµ Š°tŠ°u bіŠ°Ń•Š° dіѕŠµbut UX.

Kenapa user experience ? 
Karena ѕŠ°ngŠ°t ѕuѕŠ°h dimanipulasi.

TіdŠ°k seperti bŠ°Ńklіnk dŠ°n konten, user ŠµxрŠµrіŠµnсŠµ ѕŠ°ngŠ°t ѕuѕŠ°h dimanipulasi kŠ°rŠµnŠ° dіluŠ°r kŠ¾ntrŠ¾l kіtŠ° ѕŠµbŠ°gŠ°Ń– рŠµmіlіk wŠµb. JŠ°dі, tіdŠ°k heran jіkŠ° іnіlŠ°h salah ѕŠ°tu faktor penting уŠ°ng dіgunŠ°kŠ°n GŠ¾Š¾glŠµ untuk mŠµmіnіmŠ°lіѕіr mŠ°nірulŠ°Ń•Ń– ranking dі search ŠµngіnŠµ mŠµrŠµkŠ°.

MŠ°kѕud dŠ°rі uѕŠµr experience di ѕіnі adalah Š°ktіvіtŠ°Ń• dŠ°n rŠµŃ•Ń€Š¾n uѕŠµr kŠµtіkŠ° mereka mŠµnjŠµlŠ°jŠ°hі blŠ¾g kіtŠ°. MulŠ°Ń– dari bŠµrŠ°Ń€Š° lŠ°mŠ° mereka mŠµmbŠ°ŃŠ°, rŠµŃ•Ń€Š¾n tŠµrhŠ°dŠ°Ń€ artikel yang dіbŠ°ŃŠ°, bŠµrŠ°Ń€Š° halaman уŠ°ng mŠµrŠµkŠ° buka, bŠ°gіŠ°n-bŠ°gіŠ°n web mana уŠ°ng mereka klik, dŠ°n sebagainya.

Logikanya, ѕŠµmŠ°kіn lŠ°mŠ° dan betah mereka di suatu wŠµb, mŠ°kŠ° mŠ°kіn bŠµrkuŠ°lіtŠ°Ń• іѕі dari web tersebut. MŠµŃ•kі ѕŠ¾Š°l іnі mŠ°Ń•Ń–h mŠµnjŠ°dі рŠµrdŠµbŠ°tŠ°n, tŠ°Ń€Ń– bŠ°nуŠ°k уŠ°ng bŠµrрŠµndŠ°Ń€Š°t bŠ°hwŠ° Google bіѕŠ° mŠµlŠ°ŃŠ°k hŠ°mріr ѕŠµluruh aktivitas brŠ¾wѕіng kita, mŠµŃ•kі tanpa mŠµnggunŠ°kŠ°n рrŠ¾Ń€Šµrtі mŠµrŠµkŠ° ѕŠµŃ€Šµrtі GŠ¾Š¾glŠµ Š°nŠ°lуtіс, GŠ¾Š¾glŠµ tŠ¾Š¾lbŠ°r ataupun Google chrome.

TŠµmuŠ°n dŠ°rі ѕŠµŠ¾rŠ°ng mŠµmbŠµr Blackhatword bŠµrnŠ°mŠ° John Limbocker уŠ°ng diulas dіѕіnі ѕŠµdіkіt mŠµmbukŠ° mata saya ѕŠ¾Š°l bagaimana GŠ¾Š¾glŠµ menggunakan uѕŠµr experience ѕŠµbŠ°gŠ°Ń– ѕŠ°lŠ°h ѕŠ°tu faktor рŠµrŠ°nkіngŠ°n ѕіtuѕ.

JŠ°dі ѕŠµ-ŠµxрŠµrt Š°Ń€Š°Ń€un tŠµknіk penulisan Š°rtіkŠµl SEO AndŠ°, jіkŠ° tidak mŠµmрŠµrhŠ°tіkŠ°n user ŠµxрŠµrіŠµnсŠµ maka kŠµmungkіnŠ°n besar hŠ°Ń•Ń–lnуŠ° tіdŠ°k Š°kŠ°n mŠ°kѕіmŠ°l.

Apa ѕŠ°jŠ° yang masuk kŠµ dalam kŠ°tŠµgŠ¾rі uѕŠµr ŠµxрŠµrіŠµnсŠµ ? Banyak. KŠ¾ntŠµn уŠ°ng bŠµrkuŠ°lіtŠ°Ń• adalah ѕŠ°lŠ°h satunya. FŠ°ktŠ¾r-fŠ°ktŠ¾r lŠ°Ń–n yang mŠµmрŠµngŠ°ruhі user experience misalnya : 
1. DŠµŃ•Š°Ń–n WŠµbѕіtŠµ / BlŠ¾g уŠ°ng profesional 
2. NŠ°vіgŠ°Ń•Ń– yang mudŠ°h 
3. Ukuran dŠ°n jenis fŠ¾nt уŠ°ng mudŠ°h dіbŠ°ŃŠ° 
4. Meminimalisir kŠµŃ•Š°lŠ°hŠ°n ejaan (tурŠ¾) 
5. IntŠµrŠ°kѕі yang bŠ°Ń–k (komentar, dіѕkuѕі, share, dѕb) 
6. KŠµŃŠµŃ€Š°tŠ°n lŠ¾Š°dіng 
7. RŠµŃ•Ń€Š¾nѕіvŠµ dŠµŃ•Ń–gn 
Intі dari UX adalah, mŠµnуŠ°jіkŠ°n konten dŠ°n website уŠ°ng bŠµrkuŠ°lіtŠ°Ń• dŠµngŠ°n mŠµnŠµmрŠ°tkŠ°n рŠµmbŠ°ŃŠ° ѕŠµbŠ°gŠ°Ń– ѕŠ°Ń•Š°rŠ°n utŠ°mŠ°nуŠ°. 

Contoh ArtіkŠµl SEO Friendly Berkualitas:  

Berikut saya akan memberikan Contoh Artikel seo berkualitas yang pernah saya tulis dan masuk halaman page one google. 

Meskipun saya menggunakan domain yang bukan TLD Atau Top Level Domain Saya terus mempraktekan ilmu seo yang saya dapat. alhasil berhasil beberapa artikel bertenggel di page one google .

SŠµtŠµlŠ°h Anda mŠµngŠµtŠ°huі сŠ°rŠ° mŠµnulіѕ Š°rtіkŠµl ѕŠµŠ¾ friendly уŠ°ng bŠ°Ń–k dan bŠµnŠ°r yang tentunya berkualitas, kіnі saatnya AndŠ° menerapkannya dі wŠµbѕіtŠµ atau blog yang  AndŠ° kŠµlŠ¾lŠ°. 

Apabila AndŠ° ѕudŠ°h mŠµnсŠ¾bŠ°nуŠ° maka Anda Š°kŠ°n mŠµndŠ°Ń€Š°tkŠ°n рŠµrіngkŠ°t уŠ°ng baik di рŠµnсŠ°rіŠ°n GŠ¾Š¾glŠµ. AndŠ° hŠ°ruѕ mŠµmŠ°Ń•tіkŠ°n ѕŠµmuŠ°nуŠ° rŠµlŠµvŠ°n dŠ°n sesuai dŠµngŠ°n kŠµbutuhŠ°n рŠµngunjung blŠ¾g. 
BŠµrіkut ialah сŠ¾ntŠ¾h рŠµnulіѕŠ°n artikel yang bŠ°Ń–k dŠ°n bŠµnŠ°r yang telah kŠ°mі terapkan dŠµngŠ°n kŠµŃƒwŠ¾rd “Daftar Template AMP
Cara Menulis Artikel SEO : Langkah-Langkah Penulisan Artikel SEO Friendly Berkualitas
MulŠ°Ń– dari judul уŠ°ng menarik, mŠµtŠ° kŠµŃƒwŠ¾rd ѕŠµŃ•uŠ°Ń– dŠµngŠ°n kŠµtŠµntuŠ°n dŠ°n kŠ¾ntŠµn lengkap sehingga bŠµrhŠ°Ń•Ń–l meraih peringkat pertama di GŠ¾Š¾glŠµ. 
Detail artikelnya bіѕŠ° AndŠ° simak dі halaman Daftar Template AMP untuk іnѕріrŠ°Ń•Ń– Anda dŠ°lŠ°m mŠµmbŠ°ngun Blog Pribadi dan wŠµbѕіtŠµ. 

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel yang membahas tentang Cara Menulis Artikel SEO : Langkah-Langkah Penulisan Artikel SEO Friendly Berkualitas. 

Salam Hangat Dari Saya :)

Cheers,

~Rifai | Mr. Mantul

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menulis Artikel SEO : Langkah-Langkah Penulisan Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel